Pada tanggal 26 September 2018, RS Lavalette menyelenggarakan Workshop dengan tema “Peran Tenaga Kesehatan dalam Mencegah Komplikasi Diabetes” di gedung GSG RS Lavalette. Workshop ini merupakan salah satu rangkaian acara 100 Tahun RS Lavalette. Peserta workshop merupakan tenaga kesehatan dari rumah sakit se-Malang Raya bahkan dari luar kota seperti Kediri, Lumajang, dan Probolinggo. Pemateri workshop adalah dr. Rully Rosandi, Sp. PD KEMD, beliau merupakan salah satu dokter spesialis penyakit dalam di RS Lavalette dengan sub spesialis endokrin.
Peserta diberikan materi seputar diabetes dan bagaimana peran mereka sebagai tenaga kesehatan dalam mencegah komplikasi penyakit ini. Hal unik yang menjadi keseruan tersendiri dalam workshop ini, para peserta berpura-pura menjadi pasien penderita diabetes. Dari 130 peserta yang hadir, dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok mendapat materi pencegahan komplikasi diabetes yang berbeda-beda. Materi yang disampaikan adalah deteksi dini resiko luka kaki pada pasien diabetes, cara penggunaan insulin dalam kehidupan seharu-hari, cek gula darah mandiri, senam kaki khusus untuk penderita diabetes, dan metode diet dalam pengendalian gula darah.
Salah satu peserta menyampaikan workshop sangat aplikatif dan mudah di pahami. Selain itu, peserta lain juga berterima kasih kepada RS Lavalette karena workshop ini memberikan tambahan ilmu bagi dirinya yang selama ini bingung bagaimana cara merawat ibunya yang menderita diabetes militus.