Metode ERACS merupakan sebuah metode penyempurnaan dari beberapa langkah tindakan operasi pada ibu melahirkan. Mungkin bagi beberapa orang istilah ERACS masih cukup asing dan lebih akrab dengan istilah operasi caesar.

Berikut fakta menarik tentang ERACS (Enhanced Recovery After Caesarian Surgery)

Persiapan puasa lebih singkat

Pada operasi caesar biasa, umumnya ibu hamil disarankan puasa selama 8 jam sebelum operasi. Namun, operasi caesar dengan metode ERACSĀ masih memperbolehkan ibu makan dan minum ringan 6 jam sebelum operasi. Bahkan, ibu hamil masih bisa minum air atau jus 2 jam sebelum proses persalinan dimulai.

 

Rasa nyeri yang minimal pasca operasiĀ 

Nyeri pascaoperasi caesar sering kali menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Ibu hamil yang akan menjalaninya, namun ERACS bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi ini. ERACS terbukti efektif mengurangi nyeri pasca operasi. Sejumlah perawatan dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri lebih cepat dan mengurangi komplikasi pascaoperasi.

Pemulihan pasca operasi lebih cepat

Perbedaan yang paling menonjol antara operasi caesar biasa dengan metode ERACS adalah waktu pemulihannya. Persalinan dengan ERACS membuat pemulihan Ibu menjadi lebih cepat sehingga Ibu dapat segera beraktivitas.

Bonding Ibu dan Bayi lebih maksimal

Proses pemulihan yang lebih cepat dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dengan melibatkan Dokter Spesialis Anak dan Konselor Laktasi serta dukungan dari keluarga dalam pemberian asi akan meningkatkan bonding antara ibu dan bayi menjadi lebih maksimal

Masa perawatan di RS lebih singkat

ERACS membantu Ibu untuk cepat pulih sehingga masa perawatan di RS akan lebih singkat

 

Jika #SobatLava ingin melahirkan dengan metode ERACS segera konsultasikan kondisi #SobatLava ke Dokter Spesialis Obgyn di RS Lavalette atau hubungi Personal Maternal Officer via wa di nomor 0881 9121 918